Istilah asuransi bukanlah hal asing dalam kehidupan sekarang ini. Kata asuransi sudah sangat familiar kepada seluruh lapisan masyarakat. Penyebaran produk asuransi dari konsumen ke konsumen lainnya dan juga pemasaran melalui beberapa media sangat mendukung komunikasi untuk mengenal tentang asuransi. Dengan asuransi, pemegang polis dapat memperoleh perlindungan baik untuk diri maupun juga harta benda yang diasuransikannya. Benar saja, asuransi adalah suatu perlindungan atau proteksi yang telah dimiliki nasabah sejak ia melakukan pendaftaran dan selama berjalannya kontrak. Tidak mengherankan jika produk asuransi salah satunya promo asuransi kendaraan kian memikat perhatian banyak orang untuk segera memilikinya guna melindungi mobil dan motor kesayangan. Berbicara lebih jauh tentang asuransi, berikut hal-hal penting yang patut diperhatikan ketika ada minat untuk melakukan pembelian.

Perusahaan asuransi yang ingin dipilih

Daftar perusahaan asuransi di Indonesia baik yang bergerak dalam bidang asuransi jiwa, sosial, maupun jenis asuransi lainnya dapat ditemukan di situs resmi Otoritas Jasa Keuangan, yakni lembaga pengawas industri keuangan yang sehat dan terpercaya. Melalui daftar di lembaga tersebut pengunjung dapat melihat nomor izin usaha sekaligus alamat resmi dari perusahaan asuransi yang beroperasi. Ada banyak perusahaan asuransi yang bisa dipilih, namun untuk memilih yang benar-benar tepat ada baiknya ketahui lebih lanjut latar belakang perusahaan. Tidak menutup kemungkinan dari sekian banyak perusahaan yang terdaftar beberapa di antaranya sudah tercemar nama baik. Boleh jadi karena mempersulit klaim bahkan tidak memproses pengajuan nasabah. Tentu tidak akan memperoleh kenyamanan bila mengalami hal demikian, bukan?. Untuk menghindarinya, melakukan rekam jejak perusahaan baik lewat nasabah yang juga menggunakan jasa asuransi pada perusahaan tersebut maupun juga melalui berbagai media untuk menemukan informasi terkait perusahaan asuransi yang ingin dipilih.

Jenis perlindungan

Dalam sebuah asuransi, tidak semua musibah dapat diklaim dan dialihkan. Ingat jangan sampai keliru, jika kejadian tidak tertuang dalam polis asuransi tak menutup kemungkinan klaim akan ditolak. Oleh sebab itu, jenis perlindungan merupakan salah satu aspek yang perlu diperhatikan dengan baik ketika mencari tahu soal asuransi lebih dekat. Contohnya pada asuransi kendaraan yang memiliki proteksi jenis all risk yakni secara keseluruhan dan TLO (kerugian di atas 75%). Perlindungan tersebut umumnya adalah untuk peristiwa kecelakaan mulai dari kejadian ringan hingga serius termasuk juga melibatkan pihak ketiga. Namun, untuk masalah kebanjiran, kebakaran, gunung meletus, hingga tsunami, dan gempa bumi tidak tercakup dalam perlindungan utama akan tetapi tergolong sebagai perluasan proteksi atau perlindungan tambahan. Untuk itu, guna menghindari kekeliruan ada baiknya pastikan dengan betul hal-hal apa saja yang dijamin dalam polis asuransi yang diterima.

Premi yang ditanggung

Nilai premi juga menjadi sorotan penting dalam sebuah asuransi. Pasalnya, untuk menggunakan manfaat dari produk asuransi yang diinginkan pemegang polis harus rutin membayar premi yang telah ditanggung. Premi asuransi di beberapa perusahaan pada dasarnya tidak semua sama. Melakukan perbandingan premi di beberapa perusahaan asuransi merupakan salah satu cara efektif untuk mendapatkan premi yang bersahabat. Seumpama ingin mencari premi asuransi kesehatan termurah, maka bisa melakukan survei di beberapa perusahaan dengan menyesuaikan hal-hal yang dijamin dalam polis asuransi. Begitu pula untuk asuransi umum lainnya, baik itu jiwa, perjalanan, pendidikan, properti, dsb.

Untuk memperoleh ketenangan, kenyamanan, dan dapat menggunakan asuransi dengan maksimal, menelusuri lebih dalam seputar asuransi merupakan langkah penting. Jangan sampai sudah jatuh tertimpa tangga, dimana telah mengalami kemalangan ditambah rugi karena asuransi tak dapat digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *